BNPB: puting beliung terjang Wonosobo dan Demak

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) menyatakan kiranya ratusan properti pada kabupaten wonosobo dan kabupaten demak pada provinsi jawa sedang rusak sesudah diterjang angin puting beliung.

puting beliung dan lalu disertai hujan deras menerjang wilayah selama kabupaten wonosobo dan kabupaten demak, provinsi jawa sedang di selasa (9/4). laporan sementara menyebutkan ratusan rumah mengalami kerusakan, kata kepala pusat data Informasi serta humas bnpb sutopo purwo nugroho di jakarta, selasa.

dia menunjukan, pada kabupaten wonosobo, angin puting beliung menerjang desa dukuh krajan serta desa banyumudal dan terletak di kecamatan sapuran dalam selasa, jam 13.30 wib.

data akan tetapi mencatat sekitar 300 rumah dalam keadaan rusak tengah hingga rusak berat, ujarnya.

sejauh ini, kata dia, upaya penanganan masih terkendala oleh listrik yang padam dan kondisi selama lapangan dan terletak di daerah perbukitan.

Informasi Lainnya:

dia menunjukan kiranya Satu desa terisolir akibat jalan menuju tujuan desa tersebut lumayan berat.

selain tersebut, berdasarkan dia, belum terbentuknya badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) pada kabupaten wonosobo dan menyulitkan koordinasi diantara pemerintah daerah setempat, tim sar, dan relawan pada penanganan bencana.

namun, pendataan pada kerusakan serta kerugian hingga saat ini baru selalu diselenggarakan, kata sutopo.

sementara itu, lebih lanjut dikatakannya, angin puting beliung dan terjadi di kabupaten demak menerjang desa pilangrejo dalam kecamatan wonosalam selama pukul 15.20 wib.

sekitar 20 properti mengalami kerusakan. bpbd demak masih terus melakukan pendataan kerusakan serta kerugian, katanya.

sutopo dan mengatakan bencana lain yang terjadi di jawa tengah di selasa (9/4), yakni pada kabupaten kendal dalam jam 13.00 wib.

bencana selama kendal itu tanah longsor di pabrik tri abadi purnama.

longsor menimpa gudang lahan baku milik pabrik tersebut di desa campurjo, kecamatan boja, kendal sampai menimpa karyawan. resikonya dua pihak meninggal dunia juga enam orang luka-luka, ungkapnya.

semua korban itu, kata sutopo, telah dievakuasi ke rumah sakit permata medika di ngaliyan, semarang.