Ratusan TKI Jatim di Malaysia dipulangkan

ratusan tenaga kerja indonesia pada malaysia dan dipulangkan secara paksa dengan terminal feri pasir gudang, johor bahru, menuju tanjung pinang, kepulauan riau, tiba pada beberapa daerah di jawa timur, semisal kabupaten blitar, kamis (2/5).

manto (48) salah betul tki yang masih sampai di rumahnya dalam desa wonorejo, kecamatan talun, kabupaten blitar, jumat mengatakan, kurang lebih 300 tki diberangkatkan daripada johor bahru sabtu (27/4), sesudah sempat didatangi oleh kepala badan nasional penempatan serta penanggulangan tenaga kerja indonesia (bnp2tki) jumhur hidayat.

saya sudah 23 tahun berusaha dan berumahtangga di malaysia, baru kali ini ditangkap aparat setempat dengan alasan surat izin kerja tidak komplit. setelah sempat ditahan bersama ratusan orang yang lain, kemudian mengikuti pemulangan paksa ini, ujarnya.

manto yang tiba bersama wawan (35), tki asal ponggok, blitar, menceritakan kiranya perjalanan kapal daripada johor bahru ke tanjung pinang membutuhkan waktu lebih dari semalam.

Informasi Lainnya:

di tanjung pinang, ratusan tki tersebut beralih menumpang km sirimau serta tiba di pelabuhan tanjung priok, jakarta, senin (29/4) siang. kaum tki lalu diangkut menggunakan beberapa unit damri menuju pool bus itu selama kemayoran, jakarta.

perjalanan sebelumnya cukup enak, makan dan terpeleihara, sementara terlalu menumpang damri, kami mulai merasakan pelayanan yang kurang menyenangkan. kami telantar setengah hari pada pool damri, melalui alasan belum ada pembayaran bus. masih malam harinya yang tujuan surabaya diberangkatkan menggunakan empat unit damri, katanya.

menurut manto, sepanjang perjalanan hingga sampai selama kantor dinas tenaga kerja, transmigrasi serta kependudukan provinsi jawa timur pada surabaya, rabu (1/5) sore, banyak tki dan menurun serta oleh awak bus dipungut rp50.000. tapi sebagian tki menolaknya, bahkan banyak yang membayar terserah secara paksa uang pungutan itu.

demikian pula dalam kantor dinas tenaga kerja, transmigrasi juga kependudukan provinsi jawa timur, kaum tki sesudah diberikan makan dan biaya tiap-tiap rp40.000, sempat banyak oknum yang menggarap pungutan, namun ditolaknya.

saya bersama ratusan tki tersebut lalu diantar menggunakan bus ke terminal bungurasih supaya mencari bus sesuai lokasi masing-masing, semisal ke madura, lombok, nusa tenggara barat serta ntt. kecuali objek wisata kangean kepulangannya ditunda esok paginya, untuk mampu menumpang kapal, ujarnya.

manto menambahkan, masih terkandung ratusan tki di info penampungan di johor bahru dan menanti giliran pemulangan paksa lebih lanjut.