Kementerian Luar Negeri harus kawal protes Indonesia ke Inggris

kementerian luar negeri harus terus mengawal substansi nota protes yang disampaikan ke pemerintah inggris mengenai pembukaan kantor organisasi papua merdeka (opm).

kami berharap juga membayar kementerian luar negeri tegas menyikapi dan selalu menindaklanjuti nota protes sampai pemerintah inggris menutup kantor organisasi papua merdeka (opm), tutur anggota komisi i dpr, nurhayati assegaf, selama jakarta, selasa.

pembukaan kantor opm selama oxford, inggris serta mencederai hubungan indonesia-inggris yang di ini terjalin dengan baik. pemerintah inggris mampu menutup kantor opm selama oxford. tak banyak pernah ada pada sejarah dunia, negara bagian dari sebuah negara melawan pemerintah pusatnya, tutur assegaf.

semua kebijakan politik suatu negara pihak merupakan tanggung jawab pemerintah pusat. sama halnya melalui oxford, papar dia.

Informasi Lainnya:

ia mengatakan, manakala pemerintah inggris membiarkan negara bagian melakukan kebijakan politik, dengan demikian mampu terjadi negara pihak melawan pemerintah pusatnya. pembiaran dan dilaksanakan pemerintah inggris menyakiti hati rakyat indonesia. apa mau kita bantu irlandia? ujar dia.

pemerintah indonesia melalui kementerian luar negeri sudah mengatakan nota protes terhadap pemerintah inggris tenntang pembukaan kantor opm selama oxford.

secara terpisah sebelumnya, duta besar inggris agar indonesia, mark canning, mengatakan pemahamannya bahwa pembukaan kantor opm dalam oxford itu meresahkan indonesia. tapi dia tegaskan komitmen london tetap mengakui kedaulatan indonesia dalam seluruh wilayahnya dengan utuh, tergolong papua, aceh, juga sebagainya.

akan akan tetapi, tutur canning, keuntungan dan dilakukan pada tingkat kota semisal tersebut bukanlah sikap atau garisan pemerintahan inggris. selama pihak lain, inggris juga menghadapi angka separatis yang sama dalam tentara republik irlandia, yang menuntut kemerdekaan irlandia utara daripada kerajaan inggris sekaligus penyatuan berbagai irlandia melalui ibukota belfast.